Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu Trimester 1

22.14.00 Windi Ariska 0 Comments

cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Mempunyai anak adalah sebuah anugerah yang diberikan Alloh kepada umatnya. Oleh karena itu ketika diawali tanda – tanda kehamilan, maka kita harus tepa menghitungnya agar kandungan terjaga dan janin dalam kandungan pun berkembang dengan sehat. Dunia mami kali ini akan memberikan informasi mengenai cara menghitung usia kehamilan dalam minggu atau trimester pertama.

Cara mengitung usia kehamilan memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui medis, atau langsung konsultasi kepada dokter, namun jika anda ingin menghitungnya secara manual maka anda bisa menghitung usia kehamilan berdasarkan riwayat menstruasi atau biasa yang di sebut dengan (HPHT).

Adapun cara menghitung usia kehamilan melalui HPHT ini adalah sebuah cara tradisional yang dapat diperkirakan dengan cara mengetahui hari pertama haid terakhir (HPHT). Estimasi ini mengasumsikan bahwa konsepsi terjadi pada hari ke 14 dari siklus menstruasi. Kekurangan. Pada metode ini adalah bahwa waktu ovulasi sangat bervariasi dalam kaitannya dengan siklus menstruasi, baik dari siklus ke siklus dan dari individu ke individu. Menghitung Usia Kehamilan dengan HPHT ini cenderung menghasilkan usia gestasi yang terlalu tinggi atau lebih tua. Dengan tingkat kesalahan plus minus 2 minggu.

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan HPHT ini bisa dilakukan dengan cara menghiting HPHT yang dihitung sebagai hari pertama mulai hamil contohnya adalah sebagai berikut. Jika tanggal 9 November 2017 dan HPHT tanggal 25 Oktober 2017, maka usia kehamilan Anda adalah 4 minggu atau 1 bulan. HPHT ini juga dapat digunakan untuk menghitung perkiraan hari persalinan atau kelahiran. Trimeter 1 biasanya berkisar antara usaia kehamilan 1 minggu hingga 12 minggu yang mana jika di hitung menurut bulan hingga usia kandungan 3 bulan.

Itulah cara menghitung usia kehamilan dalam minggu pada trimester pertama menggunakan hitungan manual melalui penentuan sejak terakhir HPHT. Untuk lebih mengenal perkembangan usia kehamilan anda sebaiknya konsultasikan kepada ahli kandungan atau lebih banyak membaca tips seputar kehamilan yang ada di website dunia mami.

0 komentar: