Jumat, 19 Agustus 2016

Strategi Pintar Bagi Bunda dalam Mengatasi Anak Susah Makan


Mengatasi anak susah makan memang tidak terlalu mudah, karena seorang anak biasanya memiliki moodnya sendiri dalam segala hal yang ingin dilakukannya dan yang tidak ingin. Apalagi jika anak sedang asik bermain, tak jarang dari mereka yang tidak memperdulikan hal lainnya termasuk untuk makan. Diperlukan kiat-kiat khusus bagi anda dalam membujuk anak agar Ia mau makan, dan memberitahukan bahwa betapa pentingnya memenuhi asupan gizi serta nutrisi di dalam tubuhnya demi perkembangan fisik sesuai dengan umurnya, serta demi kesehatan anak tetap terjaga dengan baik. 

Namun terkadang hal tersebut sulit untuk dijelaskan kepada seorang anak yang belum mengerti mengenai banyak hal, terutama saat seorang anak berusia pra sekolah atau belum memasuki dunia sekolah. Bunda tentunya ada beberapa strategi yang dapat anda terapkan agar si kecil mau makan secara teratur dan juga tidak memilih jenis-jenis makanan, sehingga makanan yang sudah bunda persiapkan dapat dimakan oleh anak. Strategi dalam mengatasi anak susah makan dan agar mereka menikmati waktu makannya akan kami paparkan dan bunda pun dapat mengikutinya sebagai langkah pintar dalam memenuhi gizi anak.

Perkenalkan dan sajikan makanan sehat yang bernutrisi kepada anak sedari dini agar mereka mengetahui jenis makanan apa yang baik untuk dikonsumsi, selain itu membiarkan mereka memutuskan sendiri makanan apa dan seberapa banyak mereka akan makan adalah langkah yang baik agar Ia mau makan. Namun tetap dalam pengawasan anda sebagai orangtua yang bertugas untuk menyediakan jenis makanannya. Hindari pertengkaran tentang makanan yang akan menjadi menu harian, karena hal tersebut akan semakin membuat anak tidak mau makan. Maka dari itu sebaiknya anda lebih mengendalikan keadaan dengan cara memahami dan mengerti apa yang dapat dan tidak dapat dikendalikan. 

Hindari terlalu sering memberikan uang jajan kepada anak, karena akan membuatnya lebih senang makan jajanan sembarangan di luar daripada di rumah. Membiasakan menyediakan makanan sehat termasuk memberi menu makanan yang berbeda-beda merupakan cara mengatasi anak susah makan, namun usahakan untuk memberikan porsi yang tidak terlalu banyak dan sesuaikan saja dengan porsi anak-anak. Strategi yang terakhir adalah cobalah untuk membuat suasana santai santai saat makan, dan hindari memburu anak anda ketika makan.