Bimbinglah Buah Hati Anda Dengan Teliti

04.50.00 Windi Ariska 0 Comments


Dunia anak memang dunia bermain, anak – anka menjadikan segala hal atau benda di sekitarnya menjadi permainan. Hal itulah yang melatarbelakangi kenapa orang tua memberikan anak – anaknya mainan. Akan tetapi, selain bermain, anda juga selaku orang tua harus memahami, bahwa anak – anak pun mempelajari sesuatu dari apa yang ia pelajari. Anak – naka juga biasanya mendengar dari apa yang ia lihat, kemudian dari apa yang ia dengar. Anak – anak juga menyalurkan energinya melalui permainan, dan biasanya anak – anak itu penuh rasa kepenasaranan. 

Oleh karena itu, anda selaku orang tua jangan memberikan anak – anak permainan yang tidak mendidik, atau dapat membahayakan kesehatan fisik dan kesehatan mental anak – anak. Berilah anak – anak anda permainan yang mendidik, misalnya permainan yang merangsang anak untuk belajar membaca. Permainan yang dapat memberikan pendidikan dan ajakan anak untuk belajar membaca itu sebenarnya banyak sekali. Jika anda pergi ke toko mainan untuk membelikan anak – anak anda mainan. Sebaiknya anda perhatikan dahulu jenis - jenis permainan yang dipajangkan di toko mainan tersebut. 

Anda juga harus mempertimbangkan setiap jenis permainan yang anda pilih untuk diberikan kepada anak – anak. Cobalah pilih permainan yang mengandung unsur edukasi, yang dapat memberikan kepada anak berupa soft skill secara tidak langsung. Seperti permainan yang dapat mengajarkan anak belajar membaca, mengajarkan anak untuk mengenal warna, mengajarkan anak untuk mengetahui angka, mengajarkan anak untuk belajar bernyanyi, mengenalkan anak – anak dengan nama – nama binatang yang ada di dunia, atau juga bisa mengenalkan anak – anak dengan armada – armada transportasi. 

Memilih permainan yang memberikan unsur edukasi di dalamnya sangat berdampak positif bagi tumbuh kembang anak, sebab anak – anak dapat mengenali pelajaran – pelajaran seperti yang disebutkan di atas sedari dini. Oleh sebab itu, anda sebagai orang tua jangan asal memberikan permainan yang sembarangan kepada anak – anak anda. Jika anda memberikan anak anda jenis permainan yang tidak mendidik, ditakutkan anak terganggu kesehatan fisik maupun kesehatan mentalnya.