Dari beberapa aneka resep masakan nusantara yang paling terkenal di Indonesia salah satunya adalah soto bening. Soto bening merupakan salah satu makanan khas dari Madura, yang membedakannya dengan soto yang lainnya adalah soto bening ini tidaklah menggunakan santan sebagai campuran dalam masakannya. Meskipun begitu kelezatan yang terdapat pada masakan itu tidak kalah lezatnya dengan soto pada umumnya. Bahan dasar yang digunakannya pun tidak jauh berbeda dengan soto yang lainnya, semua bahan yang digunakan hampir sama dan sangat mudah untuk diperoleh.

Bahan yang digunakan untuk membuat soto bening adalah sebagai berikut ini.
  1.  1500 ml air
  2.  ½ kg ayam yang telah direbus
  3.  2 butir telur rebus
  4.  Toge secukupnya
  5.  Soun yang telah diseduh
  6.  6 siung bawang putih
  7.  Bawang goreng
  8.  Jahe, memarkan
  9.  4 lembar daun jeruk
  10.  2 batang serai, memarkan
  11.  Seledri
  12.  Daun bawang
  13.  Jeruk nipis
  14.  Bawang goreng
  15.  1 sdt garam atau secukupnya
Cara membuat soto bening adalah sebagai berikut ini.
  • Tumis bawang putin sampai harum, lalu tambahkan jahe yang telah di memarkan, daun jeruk, serai dan aduk sampai tercium harum, lalu tambahkan air.
  • Masukan daging ayam dan rebus selama kurang lebih 30 menit bersama dengan bumbu yang tadi, setelah matang pisahkan daging dengan tulangnya, lalu daging disuwir.
  • Masukan irisan daun bawang dan seledri ketika kuah telah mendidih, serta masukan 1 sdt garam atau secukupnya.
  • Sebari menunggu siapkan soun yang telah direbus, toge, suwir ayam, telur rebus, dan simpan dalam mangkuk.
  • Setelah kuah mendidih dan matang masukan kuah ke dalam mangkuk yang telah terisi bahan yang lain, tambahkan jeruk nipis, lalu hidangkan.
Itulah cara membuat soto bening khas Madura yang termasuk ke dalam aneka resep masakan nusantara paling terfavorit masayarakat Indonesia. Untuk membuat soto bening tersebut tidaklah sulit dan sangat mudah sekali serta anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah untuk disajikan dan disantap bersama dengan keluarga bahagia anda. Selamat mencoba.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: