cara mudah menghafal

Kemampuan menghafal yang baik merupakan sesuatu yang sangat berharga yang ingin dimiliki oleh setiap anak. Aktivitas menghafal biasanya dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan malas dilakukan, karena biasanya anak menghafal di waktu yang sempit, yakni di malam hari menjelang ujian akan berlangsung, sehingga menghafal dilakukan secara tergesa-gesa dan terpaksa.

Akibatnya, hasil yang didapat juga tidak maksimal. Jika anda mampu mengubah gaya belajar, menghafal bisa menjadi pekerjaan yang mudah dilakukan dan menyenangkan. Kunci penting dalam menghafal adalah anda harus menjadikan aktivitas menghafal sebagai jadwal harian, paling tidak selama 10 menit setiap hari untuk membaca dan mengingat kembali pelajaran di sekolah, sehingga saat ujian tiba anda hanya perlu memantapkan beberapa hal saja. Berikut ini akan kami bahas cara mudah menghafal untuk kalangan pelajar.

  1. Bercakap-cakap mengenai pelajaran yang akan dihafal
    Cara mudah menghafal pelajaran adalah dengan membicarakannya dengan teman, terutama pada hal-hal yang akan dihafal. Anda bisa melakukan tanya jawab bersama teman mengenai hal yang akan dihafal kemudian membahasnya bersama-sama. Dengan cara demikian, maka otak akan secara otomatis menghubungkan sesuatu yang ingin anda ingat, dan cara ini akan membantu informasi di otak untuk jangka waktu yang lama
  2. Mengulang-ulang hal yang dihafal
    Menghafal memerlukan waktu untuk mengulang-ulang hafalan agar dapat tersimpan dengan baik di otak. Jika anda memiliki target hafalan, tidak penting berapa lama waktu yang diperlukan untuk bisa menghafal sesuatu, yang paling penting adalah konsistensi pada target yang telah dibuat. Jika hafalan anda banyak, maka waktu yang diperlukan untuk mengulang-ulang juga akan banyak. Jika anda menunda untuk menghafal, maka hal yang harus dihafal juga semakin banyak, akibatnya akan merasa malas menghafal.
  3. Kuasai hal yang harus dihafal
    Jika anda harus menghafal pelajaran yang dikuasai, maka anda akan bisa melakukannya dengan mudah. hal ini menegaskan bahwa anda harus menguasai apa yang harus dihafal, sehingga anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti saat harus menghafalnya.

Itulah tiga cara mudah menghafal yang bisa diamalkan dengan mudah oleh kalangan pelajar, semoga bermanfaat.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: