Cara Mendidik Anak Agar Hafal Al-Quran
Sebagai umat muslim menghafal ayat suci Al-Quran itu akan mendapat pahala luar biasa dan tidak semua orang mampu melakukannya. Sebetulnya semua orang mampu, tapi tidak memiliki niat yang kuat untuk belajar menghafalkannya. Berbeda dengan anak-anak yang memiliki memori otaknya yang masih bagus mampu menghafal ayat-ayat suci Al-Quran dengan baik dan fasih. 

Sebagai orang tua pastinya menginginkan anaknya hafal ayat suci Al-Quran dengan baik dan benar serta menjadi kebanggaan orang tuanya. Selain mendapatkan pahala berlipat-lipat anak yang mampu mengahfal ayat suci Al-Quran dikategorikan anak soleh dan solehah. Tidak lepas juga dari peran orang tua yang mendidik, mengaping anaknya menjadi anak yang soleh dan solehah. Cara Mendidik Anak agar hafal Al-Quran bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Biasakan anak Anda bangun di subuh hari, pada waktu subuh adalah waktu yang paling tepat untuk menghafal, sebab otak masih fresh dan akan cepat hafal karena waktunya yang sangat tepat.

2. Mulai dari hafalan dengan ayat-ayat yang pendek, jika sudah hafal dengan ayat-ayat pendek, maka bisa dilanjutkan dengan hafalan ayat panjang.

3. Biasakan anak untuk menyetor hafalannya setiap hari dan mengetahui perkembangannya setiap saat. Jika masih ada yang kurang, baik dari pelafalan, tajwid dan jika ada kesalahan harus dibenarkan.

4. Cara Mendidik Anak untuk hafalan Al-Quran bisa mendatangkan guru mengaji ke rumah agar lebih faham dalam mengoreksi kesalahan-kesalahan pada saat hafalannya.

5. Jauhkan anak dari media-media yang dapat mempengaruhi pikirannya, kurangi anak dengan menonton televisi, mendengarkan musik, dan bisa diganti dengan mendengarkan murotal dan itu lebih baik untuk menambah hafalannya.

6. Jangan paksakan anak jika moodnya sedang tidak baik dalam menambah hafalan, biarkan relaks pikirannya dan bujuk kembali jika moodnya sudah baik.

Cara Mendidik Anak menghafal Al-Quran memang perlu perhatian khusus dan harus konsisten agar hafalanya betambah banyak. Dan jangan lupa dukung perkembangan fisik dan otak ana dengan memberikan susu terbaik bagi anak, yaitu susu Dancow yang diperkaya dengan vitamin, mineral, serta omega3 yang dapat membantu tubuh dan otaknya berkembang lebih baik.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: