pinjaman online
Teknologi digital yang semakin berkembang memudahkan kebutuhan semua orang, termasuk dalam urusan pinjaman online. Pinjaman online sudah bisa diakses melalui gadget tanpa datang ke perusahaannya secara langsung. Antusiasme masyarakat pun cukup tinggi dengan pinjaman online ini. 

Saking banyaknya yang mengajukan, maka banyak data pribadi pengajuan yang masuk ke internet. Perlindungan data pribadi ini menjadi fokus yang harus dicermati. Mengingat data di internet terkadang disalahgunakan. Nah, di bawah ini akan diuraikan cara melindungi data pribadi saat mengajukan pinjaman online.
pinjaman online
Pastikan Masuk dalam Daftar Resmi OJK

Sebelum menggunakan sarana umum sebaiknya Anda mencari terlebih dahulu informasi mengenai perusahaan penyedianya. Untuk lembaga keuangan, aplikasi pemberi pinjaman online wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan APPI. Anda harus memastikan hal ini agar informasi konsumen dijaga dengan baik.

Teliti Memberi Ijin Akses Aplikasi

Setiap aplikasi yang baru pertama kali Anda gunakan biasanya akan meminta persetujuan melalui akses smartphone. Kebanyakan orang-orang langsung memencet tombol allow tanpa memperhatikan apa yang akan terjadi kedepannya. Bukan tidak mungkin apabila pihak penyedia aplikasi mengetahui seluruh informasi pribadi yang berada di smartphone Anda.

Aktifkan Fitur Keamanan

Setiap aplikasi yang telah terdaftar di OJK memiliki fitur keamanan. Fitur ini berfungsi memberikan rasa aman kepada para penggunanya. Pengaman ini dapat berupa blokir akun, verifikasi, gembok akun, dan mode privasi. Pastikan Anda mengaktifkan fitur ini sebelum melakukan pengajuan.

Unduh Aplikasi dari Sumber Resmi

Unduh aplikasi pinjaman online dari sumber resmi, kalau Android dari Play Store dan App Store. Jika Anda mengunduh dari sumber lain berpotensi memberikan akses kepada orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 

Nah, demikianlah beberapa cara melindungi data pribadi saat mengajukan pinjaman online. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka data pribadi Anda dijamin tidak akan bocor alias dimanfaatkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. 
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: