Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil sebaiknya dipantau secara rutin yaitu sekitar sebulan sekali. Pemantauan perlu dilakukan dalam berbagai aspek mulai dari pertumbuhan fisik, perkembangan motorik, sensorik, kemampuan bahasa, dan lain sebagainya. Sebenarnya, apa manfaat memantau pertumbuhan dan perkembangan bayi? Simak di sini!

Manfaat Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Langsung saja, berikut ini berbagai manfaat melakukan pemantauan pada tumbuh kembang bayi:

1. Mengetahui Tumbuh Kembang Anak Setiap Tahap Usia

Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil mengalami peningkatan yang pesat dalam 1.000 hari pertama sejak kelahirannya. Setiap orang tua pastinya tidak ingin melewatkan perkembangan tersebut, bukan? 

Nah, Anda akan mengetahui tumbuh kembang anak setiap tahap usia melalui pemantauan secara rutin. Lakukan pemantauan minimal sekali dalam sebulan, terutama pada 1.000 hari pertama sejak kelahirannya. 

2. Menemukan Gangguan Tumbuh Kembang Secara Dini

Manfaat utama memantau tumbuh kembang bayi yaitu untuk menemukan gangguan tumbuh kembang secara dini. Sebenarnya, setiap bayi memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda.

Meskipun begitu, ada tanda-tanda tertentu yang menunjukkan Si Kecil mengalami keterlambatan pertumbuhan dan perkembangan dibandingkan teman-temannya. Dokter atau ahli kesehatan akan membantu menemukan dan menangani masalah gangguan tumbuh kembang sejak dini. Jadi, gangguan tersebut bisa diatasi dan tidak akan terlalu mengganggu Si Kecil.

3. Memastikan Pemenuhan Gizi Seimbang

Pertumbuhan dan perkembangan yang baik menunjukkan status gizi anak yang sempurna. Jika Si Kecil memiliki berat badan di bawah normal, maka Anda harus mengecek lagi bagaimana status gizi yang diberikan. Gizi tidak hanya lengkap, tapi juga harus seimbang.

4. Membangun Ikatan Emosional yang Kuat 

Manfaat terakhir yaitu dapat membangun ikatan emosional yang kuat. Ketika Anda memantau tumbuh kembang bayi, maka Anda akan banyak berinteraksi dengan Si Kecil. Jadi, ikatan emosional antara ibu dan anak akan lebih kuat.

Selain memastikan pertumbuhan dan perkembangan bayi berjalan dengan optimal, Anda juga harus memberikan kenyamanan lebih pada mereka. MAKUKU SAP Diapers hadir untuk Si Kecil merasa nyaman. Ukurannya yang tipis dan teknologi anti bocor membuat Si Kecil merasa nyaman sepanjang hari. Ayo dapatkan MAKUKU SAP Diapers di toko terdekat!

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: