Permainan Yang Digunakan Untuk Mengajar Anak Menghitung

Anak-anak memang suka bermain, karena dunia mereka memang bermain. Namun mereka juga perlu ilmu pendidikan sebagai bekal dasar mereka untuk menghadapi kehidupan di masa depan. Salah satu pelajaran yang biasa diajarkan anak sejak usia dini adalah belajar berhitung. Kita sebagai orang tua wajib mengajari bekal dasar tersebut karena bagaimana pun juga orangtua merupakan guru yang utama bagi anaknya. 

Karena anak suka bermain, berikut ada beberapa permainan yang bisa digunakan untuk mengajari anak berhitung, diantaranya:

Kartu domino
Kartu domino bisa anda gunakan sebagai permainan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pada anak. anda tidak perlu mengajari jenis permainan lainnya, cukup dengan mengenal jumlah titik-titik merah pada kartu. Kemudian kenalkan dengan cara penambahan dan pengurangan. Caranya anda bisa menderetkan kartu dengan jumlah satu sampai sepuluh. Kemudian tunjuk dan sebutkan berapa jumlahnya. Mintalah anak untuk mengambil kartu dengan jumlah yang anda sebutkan atau sebaliknya.

Permainan dengan stiker
Anda juga bisa mengajari anak menghitung dengan permainan stiker. Gunakan stiker dengan gambar dan warna yang menarik. kemudian mintalah anak untuk menempelkan stiker dengan jumlah yang anda perintahkan. Perhatikan bahan stiker yang anda gunakan, pastikan untuk menggunakan stiker dengan bahan yang ramah lingkungan dan kesehatan anak.

Permainan kartu indeks
Selain dengan domino, anda juga bisa menggunakan kartu indeks yang berisi gambar dan angka. Pilihlah gambar yang menarik agar anak merasa tertarik atau anda juga bisa memilih gambar kesukaan mereka. Anda bisa membuat permainan dengan menyebutkan gambar, angka dan warna yang tertera dalam kartu.

Permainan ludo
Anda juga bisa mengajari anak dengan menggunakan permainan ludo. Ketika melempar dadu mintalah anak untuk menghitung titik-titik merah pada dadu. Kemudian ajarkan ia untuk bergerak dengan jumlah langkah yang sama dengan dadu yang dilempar. Hal ini sama dengan permainan ular tangga.

Itulah beberapa permainan yang bisa digunakan untuk anak belajar berhitung. Anda juga bisa menggunakan imajinasi anda untuk menciptakan permainan lain, yang terpenting bagaimana caranya untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: