Peradangan pada payudara atau dikenal dengan nama mastitis tentu mengganggu bagi wanita. Sebelum parah, Anda harus segera mengatasi masalah peradangan tersebut. Biasanya ada tiga jenis obat yang digunakan untuk mengobati rasa nyeri peradangan payudara di antaranya yaitu acetaminophen, ibuprofen, dan antibiotik.

Selain ketiga obat tersebut, ada juga obat-obatan dari tanaman herbal yang dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan payudara. Apa saja? Simak artikel ini!

Inilah Obat Herbal untuk Mengatasi Mastitis

Berikut beberapa obat dari tanaman herbal yang bisa Anda pilih:

1. Kunyit

Obat herbal pertama yang bisa membantu mengatasi peradangan payudara adalah kunyit. Bahan satu ini memiliki kandungan senyawa curcumin yang memberikan efek antimikroba dan anti peradangan.

Berdasarkan penelitian, kunyit yang dioles ke bagian payudara bisa membantu mengurangi nyeri, kemerahan, dan rasa kencang akibat peradangan payudara. Anda bisa menggunakan kunyit yang sudah dihaluskan atau dalam bentuk krim untuk kemudian dioleskan.

2. Chamomile

Chamomile dikenal sebagai salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya mengurangi peradangan. Kandungan alpha-bisabolol berperan sebagai antiinflamasi atau anti peradangan. 

Cara mencegah peradangan yaitu menghambat prostaglandin yang menyebabkan peradangan dalam tubuh. Selain itu, chamomile juga bisa mempercepat pengeringan luka dan pertumbuhan sel kulit baru. 

Sama seperti kunyit, chamomile yang bagus juga dalam bentuk topikal. Jadi, Anda perlu mengoleskannya pada bagian payudara untuk membantu mengatasi nyeri dan gejala lain dari peradangan.

3. Daun Kubis

Terakhir, daun kubis yang membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan akibat peradangan. Selain itu, kubis ternyata juga membantu memperpanjang durasi menyusui. Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat dari daun kubis ini.

Nah, sudah tahu apa saja obat herbal yang bisa membantu mengatasi mastitis. Bagi ibu menyusui, mengatasi peradangan bisa membantu memperlancar menyusui pada bayi. Selain memastikan Si Kecil mendapatkan kecukupan ASI, Anda juga harus memilihkan popok yang tepat.

MAKUKU SAP Diapers adalah popok terbaik untuk Si Kecil. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti bubble belt, belly button u-shape, indikator urin, dan masih banyak yang lainnya. Beli MAKUKU SAP Diapers sekarang juga secara online atau offline.

Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: