Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Anak

08.53.00 Windi Ariska 0 Comments



Anak adalah mahluk lucu yang sedang tumbuh dan berkembang. Diawali dengan hanya dapat berkomunikasi melalui tangisan pada hari – hari pertamanya setelah dilahirkn, anak akan belajar berbagai hal menjadi individu yang memiliki banyak keterampilan dan kemampuan. Tumbuh kembang anak dapat berkembang secara bertahap sesuai dengan tingkat usianya. Dengan perlahan ia akan belajar tengkurap, duduk, berdiri, hingga berlari. Namun tumbuh kembang anak akan berbeda pada setiap individu jangan langsung berkesimplan jika tumbuh kembang anak lebih cepat atau lebih lambat dari kebanyakan anak seusianya. Hal yang eprlu anada lakuakn adalah anda harus mengobservasinya secara intensif bisa jadi beberapa kemampuan anak anda berkembang pada usia yang berbeda dengan kebanyakan anak.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak :

1. Nutrisi 

Nutrisi yang diperoleh anak pada awal usianya diperoleh dari Air Susu Ibu (ASI), anak yang memperoleh asi eksklusif akan memiliki kekebalan tubuh yang baik, sehingga tumbuh dan kembangnya pun akan lebih optimal. Sehingga bagi para ibu sebisa mungkin memberikan asi selama du tahun berturut – turutdengan enam bulan pertama ASI eksklusif.

2. Faktor Lahir

Adakalanya tumbuh kembang seorang anak tidak optimal karen adanya faktor ketika dia dilahirkkan. Misalkan seorang ditemukan sebuah kasus dimana seorang anak kelas tiga sekolah dasar belum dapat menulis dengan baik, setelah di periks ternyata ia mengalami hambatan pada sensor motorik halusnya yang diakibatkan ketika dilahirkan anak tersebut tidak langsung menangis.

3. Stimulus atau Rangsangan 

Terkadang tumbuh kembang seorang anak kurang optimal diakibatkan kerena anak tersebut kurang terstimulus atau kurang menerima rangsangan dari lingkungannya. Misalkan seorang ibu yang cerewet dan sering bercerita akan lebih memberikan stimulus bicara bagia putra – putrinya sehingga putra – putrinya tersebut memiliki kosa kata yang banyak, dan kemampuan merangkai kalimat yang baik

Dengan mengenali faktor – faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak, diharapkan kita dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak kita dengan baik